Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sabtu, 01 Maret 2014
IKLAN
Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Siapa yang tak kenal buah berkulit kuning mulus dan berdaging putih ini. Pisang adalah salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis. Buah pisang banyak dikonsumsi dari segala usia, mulai dari balita hingga orang dewasa. Oleh karena kandungan karbohidrat dan serat yang lebih banyak dibanding buah yang lain, buah pisang menjadi primadona bagi para atlet atau pendaki. Buah pisang sangat berkhasiat untuk menambah energi. 
Jika sebelumnya telah dipaparkan mengenai manfaat pisang. Buah pisang ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan kulit buahnya. Berbagai manfaat pisang diperoleh dari kandungan gizi dan seratnya yang banyak dan beragam. Dalam 100 gram pisang mengandung 99 kalori, 25.8 mg karbohidrat, 0.7 g serat, 1.2 g protein, 8 mg kalsium, 0.2 g lemak, 28 mg fosfor, 0.5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0.08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 72 gram air. Karena kandungan gizi tersebut pisang memiliki banyak manfaat.

manfaat pisang

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sumber Energi. Kandungan karbohidrat dalam buah pisang 2 kali lebih besar dibanding buah lain, begitu juga kandungan vitamin A 5 kali lebih besar dibanding buah apel. Buah pisang juga mengandung gula dan merupakan jenis buah yang sangat mudah dicerna. Gula dalam pisang akan diubah menjadi sumber energi. Oleh karena itu buah pisang sangat cocok untuk mengembalikan energi tubuh serta bagus untuk membentuk tubuh dan melancarkan erja otot 
Pelancar Peredaran Darah. Pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium dan potasium, yang dapat memperlancar sirkulasi darah. Dengan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, peredaran oksigen dalam darah ke otak juga akan lancar. Kalium dalam pisang juga dipercaya menjaga keteraturan denyut jantung. Selain itu, pisang juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah agar tetap normal dan membantu mengurangi resiko terjadinya stroke.
Pelancar BAB. Pisang memiliki manfaat untuk menyehatkan usus serta dapat menghilangkan sembelit. Kandungan serat dalam pisang berguna untuk menjaga kesehatan usus. Dengan kondisi usus yang sehat pencernaan akan lancar. Tentunya hal ini juga akan memperlancar buang air besar (BAB).
Mengurangi Nyeri Haid. Pisang mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh nyeri haid serta mengurangi kram perut ketika haid.
Pembangkit Mood. Kandungan vitamin B6 dalam pisang membantu merendahkan kadar gula dalam darah yang dapat menghilangkan mood. Dengan demikian, pisang dipercaya dapat mengembalikan dan membangkitkan mood serta dapat memberikan rasa rileks.
Obat Sakit Maag. Didalam beberapa jenis buah pisang mengandung zat penangkal asam. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi dan merendahkan asam sehingga dapat mengobati maag 
Baik Bagi Penderita Anemia. Pisang mengandung zat besi yang tinggi. Dengan konsumsi pisang 2 kali sehari dapat memperbaiki kondisi penderita anemia. 
Baik Bagi Ibu Hamil. Kandungan asam folat dalam buah pisang sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat mudah diserap oleh janin melalui rahim si ibu. Akan tetapi terlalu banyak konsumsi pisang oleh ibu hamil tidak dianjurkan sebab 1 buah pisang mengandung banyak kalori yaitu 85-100 kalori.
Pengobat Jerawat. Ternyata pisang juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Caranya haluskan dagung buah pisang yang telah masak, oleskan pada kulit wajah yang terdapat jerawat. Diamkan untuk beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga jerawat berkurang dan hilang.
Penghalus Kulit Wajah. Selain menghilangkan jerawat, buah pisang dipercaya dapat menghaluskan kulit. Caranya hancurkan daging buah pisang hingga halus, campurkan dengan 1-2 sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan 30-40 menit kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk hasil yang menakjubkan.
Begitu banyak manfaat pisang bukan?? jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi pisang dari sekarang. Dapatkan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh anda.
Semoga bermanfaat informasi Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0 Responses to “Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan”

Posting Komentar