Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Sabtu, 22 Februari 2014
IKLAN
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan seiring berjalannya waktu semakin banyak di temukan manfaat dari minyak ini sehingga sekarang banyak orang yang myulai berjualan minyak zaitun yang bisa di gunakan untuk kencatikan maupun kesehatan yang bisa mengobati beberapa penyakit kronis seperti diabetes maupun jantung

manfaat minyak zaitun adalah minyak nabati dengan kandungan minyak tak jenuh yang sangat tinggi, terutama kandungan asam oleik dan polifenolnya. Minyak yang dijuluki  sebagai cairan emas ini sudah sejak lama dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada kulit dan rambut. Selain minyaknya, buah zaitun juga kerap dikonsumsi karena kandungan berbagai vitamin serta mineralnya yang cukup tinggi.


Manfaat Minyak Zaitun


Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan yang harus anda ketahui.

  1. Melembutkan Rambut
    Rambut yang kusut dapat diatasi oleh minyak zaitun dengan cara mengusapkan langsung minyak zaitun pada bagian rambut yang kering dan kusut mengunakan tangan. Jika digunakan secara teratur, minyak zaitun akan mampu memberikan nutrisi tambahan bagi rambut sehingga rambut akan menjadi lebih lembut dan sehat.

  2. Sebagai Body Lotion
    Minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk tubuh anda karena dapat digunakan sebagai minyak pijat serta dapat juga digunakan sebagai campuran body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit anda. Minyak ini bisa juga digunakan sebagai scrubbing dengan cara mencampurkan dengan gula pasir.

  3. Menutrisi Bibir
    Jika anda ingin memiliki bibir yang lembab dan bebas dari kekeringan dan pecah-pecah, anda dapat mengoleskan minyak zaitun jenis extra virgin setiap malam menjelang tidur.

  4. Menjaga Kesehatan Kuku Jari
    Minyak ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kuku jari anda, teteskan 2-3 tetes minyak zaitun kedalam air hangat lalu rendam jemari tangan anda kedalam larutan ini selama 20 menit. Cara ini dapat memperkuat kuku dan juga melembutkan kutikula jika rutin dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

  5. Mencegah Diabetes
    Manfaat lain dari minyak zaitun adalah dalam bidang kesehatan, minyak ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga mampu mengatur kolesterol dalam tubuh anda. Minyak ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus.

  6. Mencegah Kanker
    Terdapat kandungan Antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun yang dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama senyawa Hidroksitirosol, memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh serta mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker.

  7. Menghilangkan Nyeri
    Rasa nyeri pun dapat ditekan dengan menggunakan minyak ini. Kandungan senyawa oleokantal dalam minyak zaitun dapat mencegah radang seperti asam mefenamat dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun ini mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu mediator (penyebab) nyeri. Caranya cukup mudah, yaitu cukup langsung dioleskan pada bagian tubuh yang nyeri.

  8. Mengatasi Ketombe
    Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut berketombe, cobalah untuk mencampurkan minyak zaitun dengan shampoo anda. Hal ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe anda dibandingkan jika anda hanya memakai shampoo anti ketombe saja.

  9. Mengatasi Kulit Wajah Kering
    Apabila anda memiliki masalah dengan kulit wajah kering, anda dapat mengaplikasikan minyak zaitun langsung ke wajah anda dan dapat juga dicampur dengan masker rambut kepunyaan anda. Minyak zaitun akan berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit agar tetap seimbang serta berfungsi juga untuk mengengkat sel-sel kulit mati dipermukaan wajah, sehingga wajah tidak akan tampak kering dan kusam. Akan tetapi, cara ini tidak disarankan untuk kulit berminyak, karena dikhawatirkan dapat merangsang timbulnya jerawat.

  10. Mencegah Penuaan Kulit
    Minyak zaitun dapat digunakan oleh anda para wanita yang merasa sudah mengalami tanda-tanda penuaan kulit seperti timbulnya kerutan pada wajah. Caranya, cukup campurkan minyak zaitun dengan air perasan lemon. Oleskan campuran ini secara merata pada wajah anda lalu pijat secara perlahan, lakukan sebelum tidur dan didiamkan 20-30 menit, lalu kemudian bilas wajah dengan air atau sabun khusus muka. Penggunaan minyak zaitun seperti ini akan membuat kulit anda menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan.

Karena banyaknya manfaat minyak zaitun inilah di Indonesia minyak ini juga telah dipasarkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari kapsul kesehatan, minyak pijat, hingga berbagai produk kecantikan.

semoga bermanfaat informasi  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

0 Responses to “Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan”

Posting Komentar