Manfaat Madu Dan Kandungannya

Sabtu, 22 Februari 2014
IKLAN
Manfaat Madu Dan Kandungannya Madu adalah cairan kental berasa manis. Cairan ini dihasilkan oleh lebah dan berasal dari nektar bunga yang diproses oleh lebah-lebah pekerja. Nektar bunga yang telah diproses oleh lebah pekerja akan disimpan dalam sel-sel sarang lebah. Madu memiliki banyak rasa, rasa dalam madu ditentukan oleh jenis bunga yang diambil nektarnya oleh lebah. Berbagai macam rasa madu antara lain : madu kelengkeng, madu mangga, madu rambutan, madu hutan dan sebagainya.

Manfaat madu sangat beragam dan baik bagi tubuh. Didalam madu mengandung berbagai komponen senyawa yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Madu memilki komponen penyusun : air, gula (sukrosa, fruktosa, maltosa, glukosa), mineral (Na, Fe, Mn, Ca, P, Mg), vitamin (C, B1, B2, B5, B6) dan Enzim. Hasil pengujian dalam laboratorium, madu dikatakan memiliki kualitas baik jika memiliki gula pereduksi minimal 60%, keasamannya maksimal 40 mL NaOH/kh, kadar air didalamnya maksimal 22%, kandungan sukrosa maksimal 10% dan aktivitas enzim diastase minimal 3 DN.


Manfaat Madu

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
  • Sumber Energi. Madu memiliki rasa manis yang alami. Madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga madu dapat dijadikan sumber energi alami.
  • Antibiotik. Selain memiliki rasa manis, madu juga cenderung memiliki rasa asam. Rasa asam ini berperan menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Oleh karena itu, madu dapat menjadi antibiotik alami.
  • Antiseptik Penyembuh Luka dan Borok. Madu memiliki kandungan glukosa dan enzim yang biasa disebut oksidase glukosa. Pada suatu kondisi tertentu oksidase glukosa dalam madu dapat memecah senyawa glukosa menjadi hidrogen peroksida. Sedangkan hidrogen peroksida ini bersifat sebagai antiseptik yang kuat, sehingga madu berkhasiat menyembuhkan luka dan borok.
  • Kesehatan Kulit. Didalam madu mengandung asam glukonat dan asam organik ringan yang dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati. Dengan longgarnya ikatan sel-sel kulit mati akan dapat mempercepat regenerasi, menyamarkan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, mengurangi keriput serta menjaga elastisitas kulit. Selain itu kandungan asam amino dan gula dalam madu juga dapat menjaga kelembaban kulit. 
  • Kesehatan Rambut. Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, madu juga dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, mengatasi rambut rontok, penyubur rambut dan menjaga kelembaban rambut. Gunakan madu sebagai masker rambut untuk mendapatkan khasiatnya.

Manfaat madu begitu banyak dan dahsyat khasiatnya untuk tubuh. Ulasan yang dipaparkan diatas adalah sebagian kecil dari khasiat dan manfaat madu. Madu menjadi salah satu bahan yang telah dipercaya sebagai obat sejak berabad-abad yang lalu. Biasakan konsumsi madu mulai dari sekarang, dapatkan khasiatnya untuk kesehatan tubuh anda!!

Semoga bermanfaat informasi  Manfaat Madu Dan Kandungannya

0 Responses to “ Manfaat Madu Dan Kandungannya”

Poskan Komentar